Makanan Favorit Para Selebriti di Bulan Ramadhan



Bulan Ramadhan telah tiba dan disambut dengan penuh sukacita oleh seluruh umat Islam di belahan dunia. Bulan penuh berkah ini juga dinantikan oleh para selebriti Indonesia. 
Momen sahur dan berbuka puasa menjadi momen yang juga ditunggu sebagai waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Namun, tentunya tak lengkap tanpa menu favorit yang wajib ada untuk menemani saat sahur dan berbuka. 
Di bawah ini kumparan (kumparan.com) telah merangkum cerita para selebriti tentang menu wajib yang selalu mereka santap saat bulan Ramadhan.  
1. Melky 'Bajaj'
Salah satu personel trio bajaj ini, Meilia Balipa Emil, atau dikenal sebagai Melky Bajaj, termasuk orang yang paling semangat dalam menyambut bulan Ramadhan lantaran bisa menyantap menu makanan kesukaannya.
Tak muluk-muluk, makanan yang harus tersedia untuk menemani Melky berbuka puasa adalah sambal kacang. Menurutnya, makanan apa pun yang disediakan sang istri, akan terasa lebih nikmat jika disantap bersama sambal kacang. 
"Jadi, ya sambal kacang (wajib)," ungkap Melky beberapa waktu lalu. 
"Pokoknya, makanan apa aja harus ada sambal kacangnya," timpal istri Melky, Dewi Fitri. 
Sebetulnya, kata Melky, sambal kacang bisa kapapun dinikmati meski bukan di bulan puasa. Bahkan komendian berusia 34 tahun ini juga mengaku bingung kenapa menu pilihannya itu terasa lebih nikmat jika disajikan saat bulan ramadhan. 
"Kayak gorengan pakai sambal kacang. Tiba-tiba semua tukang gorengan, semua ada sambal kacang. Bingung kan gue. Ajaib banget emang bulan ramadhan aja ada sambal kacang di tukang gorengan," katanya sambil tertawa. 
Lantas, apakah Melky tetap mewajibkan sang istri untuk masak santapan sahur dan berbuka?
"Nah, dari 12 bulan yang ada, satu bulan itu seorang istri full masak. Enggak full juga sih, tapi paling enggak satu bulan itu ada banyak makanan rumah," tutupnya. 
2. Syahrini
Sama seperti umat muslim lainnya, penyanyi Syahrini juga bahagia bisa kembali menyambut momen Ramadhan di tahun ini. Hal yang paling ia rindukan adalah momen saat sahur dan salat tarawih. 
“Karena kan itu cuma satu bulan setahun. Aku kadang juga puasa Senin-Kamis membayar yang bolong-bolong tahun lalu. Enggak ada suasana Ramadhan-nya, rasanya kan agak gimana,” kata Syahrini ketika ditemui di Kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan.
Selain itu penyanyi yang memiliki banyak jargon unik itu juga selalu menantikan kolak buatan sang mama untuk disantap jelang berbuka puasa. Syahrini mengaku memang sangat pemilih dalam menu berbuka puasa. Ia hanya bisa makan kolak buatan ibunya karena dijamin higienis. 
Hal ini dikarenakan pelantun 'Sesuatu' itu memiliki masalah pencernaan. 
"Kolak dan kolang kaling buatan mama itu the best. Kalau kolak yang lain aku akan sensitif, pasti sakit. Jadi, enggak bisa puasa besoknya. Jadi, kolak yang benar-benar higienis," ungkap Syahrini beberapa waktu lalu. 
3. Lesti Andryani
Pedangdut Lesti atau yang dikenal dengan Lesti 'Kejora' memutuskan untuk mengurangi pekerjaan di bulan Ramadhan lantaran ingin fokus untuk beribadah dan berkumpul bersama keluarganya. Lesti mengaku benar-benar memilih jadwal pekerjaan yang akan ia lakukan di bulan Ramadhan. 
"Puasa ambil acara nyanyi aja, on air aja. Acara malam atau subuh. Jadi, nanti bisa buka bareng keluarga. Ya, enggak setiap hari juga bisa lebih sering sama keluarga. 'Kan kita enggak tahu ya umur sampai kapan," ungkap Lesti saat ditemui di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat. 
Bahkan di Ramadhan tahun ini, pelantun lagu 'Kejora' itu sudah menyiapkan rencana untuk berkumpul juga bersama teman-temannya. Tapi bukan untuk buka bersama melainkan sahur bareng. 
"Kalau bukber kan udah biasa ya. Tapi kalau sahur bareng tuh kayak momen banget buat dede dan jarang banget. Makanya dede sama teman-teman pengin bikin, misal, seminggu dua kali sahur bareng di rumah siapa gitu," ujarnya. 
Untuk menu favorit, tentunya Lesti juga sudah mempersiapkan menu apa saja yang ingin disantapnya setiap berbuka puasa. 
"Otak-otak dan sop buah pakai sirup dan timun suri. Selain itu yang enggak boleh ketinggalan, kurma. Dede senang banget sama kurma," tandasnya. 
4. Anji
Ada satu hal yang paling dirindukan oleh Erdian Aji Prihartanto alias Anji di setiap bulan Ramadhan. Bapak 3 anak ini mengaku selalu ingin menyantap kolak di bulan puasa lantaran hal itu tak pernah akan ia lakukan di luar bulan Ramadhan. 
"Ya kolak it bulan Ramadhan. Sama kurma sih karena saya enggak pernah makan di luar bulan Ramadhan, jadi memang sengaja menjaga eksklusivitas mereka (kolak dan kurma) buat saya. Selain kangen sama makanan itu, hal lain adalah ibadah bersama keluarga," ungkap Anji beberapa waktu lalu. 
Kendati hanya bisa menyantap kolak di bulan puasa, Anji pun mengaku tak setiap saat kolak itu tersedia. Menurut Anji, kesibukannya yang cukup padat memang membuatnya jarang berada di rumah. Mau tak mau sang istri, Wina Natalia, hanya menyediakan kolak tersebut saat Anji berada di rumah. 
"Jadi enggak setiap hari. Hanya hari-hari tertentu saja kalau saya ada di rumah. Ya, semoga (ramadhan) ini lebih banyak di rumah," katanya. 
Lantas, apakah kolak tersebut harus buatan Wina juga?
"Bebas sih. Soalnya nih kalau istri yang buat, kan dia puasa. Kalau enggak enak, ya bilang enggak enak. Dan ini salah satu ujian terberat laki-laki, menilai masakan pasangannya. Kalau enggak enak bingung kan harus ngomong jujur. Jadi, karena bulan puasa oke, makan jarang, jadi gue beli aja deh. Maaf nih bini," tutur Anji sambil tertawa. 
5. Ayu Ting Ting
Sama seperti bulan Ramadhan sebelumnya, pedangdut Ayu Ting Ting masih kebanjiran job di Ramadhan tahun ini. Hari-harinya akan dihabiskan untuk mengisi program sahur dan berbuka secara live di televisi. 
Mau tak mau, Ayu pun harus merelakan waktunya untuk tidak bisa menikmati momen berkumpul bersama keluarga. Pelantun 'Sambalado' ini harus kehilangan momen ibadah tarawih di masjid secara berjamaah. Apalagi waktu salat tarawih kerap bentrok dengan pekerjaanya.
"Lumayan padat nih puasa. Jadi, istirahatnya juga harus lebih ditambah. Enggak bisa tarawih juga (di masjid) paling di rumah," ungkapnya saat ditemui di Tendean, Jakarta Selatan, baru-baru ini. 
Meski harus menjalani rutinitas yang padat, ibu satu anak ini rupanya juga tak rewel untuk soal makanan saat sahur ataupun berbuka. Bahkan, ia hanya memilih menu sederhana yang wajib disantapnya di bulan Ramadhan. 
"Kalau saya sih gorengan aja. Enggak lebay," tandasnya. 
6. Narji 'Cagur'
Komedian Sunarji atau yang akrab dipanggil Narji mengaku telah mempersiapkan diri untuk menjalani ibadah puasa di bulan yang penuh berkah ini. Selain mempersiapkan batin, Narji mengaku ingin setop menggoda manusia di bulan puasa. 
"Biasanya saya menggoda (menghibur) manusia sekarang enggak bisa menggoda. Tapi kerja dari tahun ke tahun di bulan puasa sudah biasa," ungkapnya saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Pusat. 
Sama seperti selebriti lain yang juga punya menu andalan di setiap bulan ramadhan, rupanya komedian asal Betawi ini juga memiliki tradisi yang biasa ia lakukan bersama keluarga saat bersantap sahur maupun berbuka. 
Jenis menu makanannya pun mulai dari yang manis, hingga makanan berat, salah satunya pecak. 
Pecak memang merupakan menu Betawi yang biasanya diolah dengan ikan, seperti pecak ikan mas, pecak gurame atau pecak ikan lele khas Betawi. 
"Menu andalan orang Betawi itu harus ada pecak. Terus ada acar timun. Dan biasanya kalau orang Betawi pas buka puasa harus ada wajib sayur asem dan es kelapa. Itu tradisi keluarga kayak gitu," ujarnya. 
7. Nikita Willy
Ramadhan tahun ini Nikita Willy menambah kesibukan dengan menjalani syuting stripping sinetron Ramadhan. Ini merupakan sinetron Ramadhan pertama bagi aktris berusia 23 tahun itu. 
"Biasanya sinetron reguler yang akan tayang juga pas Ramadhan, cuma ini kita bener-bener syutingnya, ceritanya dikemasnya, bener-bener untuk bulan Ramadhan. Ini suatu hal yang baru untuk aku," ungkap Nikita saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat. 
Alhasil dalam menjalani ibadah puasa pelantun lagu 'Kutetap Menanti' tersebut harus menambah asupan vitamin agar tetap dapat menjaga stamina saat berpuasa. Selain itu, Nikita juga mengaku sampai memesan catering khusus lantaran tidak bisa menikmati momen bersama keluarga saat berbuka puasa. 
"Iya karena kan aku di lokasi, jadi enggak makan di rumah. Daripada aku jajan sembarangan, aku catering dan aku khusus pesan menunya ini itu yang aku mau. ya, dicocok-cocokinlah menunya," katanya. 
Meski tak bisa berbuka bersama keluarga, namun Nikita bersyukur masih bisa bersantap sahur di rumah bersama keluarga. Bahkan kata Nikita, khusus di bulan Ramadhan, sang ibu yang jarang memasak akhirnya turun tangan langsung untuk menyiapkan menu sahur dan berbuka. 
"Jadi aku selalu sama adik aku, sama ayah aku selalu nunggu, 'ini nanti masakannya apa ya'. Walaupun masakan rumah biasa, karena emang mama enggak pernah masak, ini sesuatu yang spesial banget," ujarnya. 
Lantas apa yang menjadi menu wajib Nikita saat puasa?
"Es cincau. Jadi karena mamah aku enggak pernah bikin apa-apa, pada saat buka puasa, bikinnya es cincau. Cepat dan mudah dan semuanya suka," tutupnya. 
8. Audi Marissa
Momen sahur rupanya menjadi momen spesial untuk pemain film Audi Marissa. Tak heran jika itu menjadi waktu yang paling dinantikan Audi saat bulan Ramadhan tiba. 
"Soalnya kan beda aja, makan di saat sahur, makan pas buka dan makan sehari-hari. Kita bangun sahur, kita makan bareng. Dan bulan puasa, makan bareng suasananya beda," ungkap Audi Marissa saat ditemui di kawasan Bekasi, Jawa Barat, baru-baru ini. 
Kendati demikian ia tidak pernah meminta menu khusus untuk sahur maupun berbuka. Apalagi jika ia harus buka puasa di lokasi syuting. Apapun makanan yang tersedia akan ia santap. 
Tetapi seandainya bisa memilih untuk menu berbuka puasa, biasaya Audi akan mencari takjil berupa kolak biji salak. 
"Aku suka banget biji salak sama ketan item. Jadi emnag itu harus selalu ada buat takjil di bulan puasa," katanya ambil tersenyum. 
9. Melody Prima
Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan yang berbeda bagi aktris Melody Prima. Aktris berusia 23 tahun ini baru saja dikaruniai buah hati yang diberi nama Achmad Ibrahim Al-Khalifi, yang menambah keceriaan baru dalam rumah tangganya bersama Tommy Bagus Setiadi. 
"Sekarang aku ada Ibrahim, jadi makain ramai pastinya makin seru. Ibrahim itu lagi demen banget begadang, jadi aku enggak tahu nih pas sahur, akan gimana kondisinya," ungkap Melody saat ditemui di FX Sudirman, beberapa waktu lalu. 
Hanya saja, Melody tetap bersyukur karena bisa kembali dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan. Apalagi ia juga sudah mempersiapkan diri untuk mudik ke Bandung. Bahkan ia tak segan-segan untuk membantu ibu mertuanya masak dan mempersiapkan menu sahur maupun berbuka. 
"Pertengahan puasa itu udah mudik ke Bandung dan bakal stay di rumah mertua, jadi menu makanan, ikut maunya mertua saja," katanya. 
Hanya saja, jika selebriti lain memilih menu sederhana ataupun makanan manis, bintang sinetron 'Dia Bukan Cinderella' itu memilih menyantap rendang yang menjadi menu favoritnya di bulan Ramadhan. 
Namun rendang itu tidak akan ia santap bersama ketupat, melainkan dengan menu berat lainnya.
"Kalau aku kurang suka ketupat, jadi aku lebih rendangnya sama opor ayamnya,” tuturnya. 
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==