Terkuak Alasan Kenapa Dokter Punya Profesi Sama dengan Ayah

Seorang teman masa kecil sebut saja Ade sedang mengambil pendidikan dokter spesialis di departemen ilmu penyakit dalam sebuah universitas di Bandung, Jawa Barat. Sebagai teman, penulis tahu betul bahwa ayahnya berprofesi sebagai dokter. Selain itu, penulis juga pernah juga bertemu dokter yang bercerita anaknya sedang menempuh pendidikan kedokteran.
Menyadari hal itu, terbersit tanya, apakah ada kecenderungan seorang anak bakal mengikuti profesi orangtua? Seperti dokter yang bakal memiliki anak yang menjadi dokter juga?

Sebuah analisis yang dilakukan The New York Times menjawab pertanyaan itu. Rupanya, ketika anak memilih ingin menjadi apa saat besar nanti ada kecenderungan bakal mengikuti jejak sang ayah. Namun, bisa pula mengikuti jejak pekerjaan ibu.
Anak laki-laki dari seorang ayah bekerja, rata-rata 2,7 kali mengikuti pekerjaan ayah. Atau dua kali mengikuti jejak pekerjaan ibu.
Sementara itu pada anak perempuan rata-rata bakal 1,8 kali mengikuti jejak pekerjaan ibu dan 1,7 kali pekerjaan ayah. Berarti bila ibu adalah seorang dokter, besar kemungkinan anak mengikuti jejak ibu.  Estimasi ini didapat dari data General Social Survey dari 1994-2016. 


Sumber : Liputan6.com
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==